Rabu, 22 Januari 2014

Cara sederhana membuat yogurt di rumah

Saya sudah hampir 15 tahun membuat yogurt sendiri.  Alasannya? hehe tentunya lebih hemat dibandingkan jika harus membeli.  Maklum, keluarga saya semuanya penggemar yogurt.  Kalau setiap hari harus beli....bisa tekor deh :)
Peralatan yang saya gunakan sangat sederhana, hampir semua ibu rumah tangga mempunyai peralatan ini.  Peralatan yang dibutuhkan : kompor, panci stainless steel, pengaduk, termos nasi.  Bahan yang digunakan adalah susu murni atau susu bubuk plain yang diencerkan dengan air, plain yogurt.

 Susu cair siap dipanaskan


Setelah dipanaskan, boleh sampai mendidih 100 decel, suhu susu diturunkan sampai 40 decel. Jangan lupa untuk mengaduk susu saat proses pemanasan, jika tidak diaduk dasar panci akan gosong dan menimbulkan aroma gosong pada susu. Jika tidak ada termometer, bisa kiralogi... kalau dituangkan sedikit ke punggung tangan akan terasa panas 'menggigit'



Setelah suhunya turun 40 decel, pindahkan susu ke dalam termos nasi.  Sebelumnya, sterilkan termos nasi dengan cara menyiramkan air mendidih kedalamnya.  Masukkan plain yogurt (1 sdm plain yogurt untuk 1 liter susu).  Aduk rata... tutup termos dan diamkan kurleb 8 jam



Setelah 8 jam, yogurt sudah menggumpal.  Kadang terlihat ada cairan bening di atasnya.  


Setelah 8 jam.... bisa dilihat susu sudah tidak encer dan menggumpal seperti kembang tahu.  Ini artinya yogurt sudah jadi.  Agar lebih kental (set), sebelum dikonsumsi yogurt disimpan dulu di lemari es selama kurleb 4 jam.  Yogurt ini bisa langsung dikonsumsi, diberi gula, syrup atau diblender dengan buah-buahan... mmmm... yummyyy....:)


Ini yogurt pesanan tetangga...:) ada 5 rasa : strawberry, blueberry, mocca, lychee, grape

Tidak ada komentar:

Posting Komentar