Sabtu, 14 Februari 2009

Kata 'jangan' yang dahsyat

Dulu saya sering heran kenapa setiap ahli tumbuh kembang anak yang saya temui mengatakan "ibu jangan terlalu sering menggunakan kata jangan untuk anak". Wah, ada apa dengan kata 'jangan'? Kan pernyataan mereka juga menggunakan kata 'jangan'.
Inilah hasil penelusuran saya....

Bayangkan kita semua berada di gurun pasir yang luar biasa panasnya, tapi jangan bayangkan ada seorang penjual es krim yang sedang menjual es krim strawberry. Jangan bayangkan juga es krim strawberrynya diberi toping coklat dan di dalamya terdapat potongan potongan kecil buah strawberry segar.
Apa yang ada di pikiran kita sekarang? Tentunya 'profil' es krim strawberry yang dilarang dibayangkan tadi.....

Itulah sebabnya kita tidak boleh terlalu sering menggunakan kata jangan. Itulah sebabnya kalau kita melarang dengan kata jangan, anak kita malah penasaran dan melakukan apa yang kita larang tadi. Kata 'jangan' memang dahsyat.... karena kalau kita menggunakan kata 'jangan' maka yang pertama kali terekam dalam otak kita adalah kata-kata setelah kata'jangan' tadi. Contoh lainnya, kalau kita melarang anak kita dengan kata-kata 'jangan main', dan yang ada di benak anak kita adalah main... mmm bermain itu kan asyik....maka jangan salahkan dia kalau dia langsung bermain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar